Loading...

PjOK Mulai Monitoring Pekerjaan Fisik

Penanggung Jawab Operasional Kecamatan (PjOK), Pujo Laksono mulai melakukan monitoring terhadap pekerjaan fisik (sarana dan prasarana, red). Pertama melakukan kegioatan pengawasan pekerjaan tersebut adalah pekerjaan paving stone (conblok, red) di Dusun Karang Layar Desa Kersambirampak (07/06/2012).

Dalam monitoring di desa berdekatan dengan kecamtan kapongan ini, Pujo mengharapkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) agar memaksimalkan pekerjaan sesuai dengan bestek yang telah ditetapkan oleh program. Terlebih utama para pekerja mengutamakan dari lingkungan setempat.

“Alhamdulillah, pemberdayaan pada pembangunan paving di desa Kesambirampak sangat nampak. Ini merupakan wujud yang diharapkan oleh program PNPM salah satunya pengurangan pengangguran. Dan saya lihat dari pekerjaan ini mayoritas pekerja adalah dari lingkungan,” terang Pujo Laksono saat ditemui media RBM di lokasi program.

Dari monitoring tersebut, Pujo Laksono yang di dampingi Fasiltator Teknik (FT), Widiyanto, ST langsung memeriklsan dokumen (administrasi, red) yang dibuat oleh TPK bersama tim-tim yang lain. Seperti halnya, penerimaan barang, kwitansi dan nota-nota pembelanjaan beserta asdminitrasi-adminitrasi yang lainnya. “Dalam monitoring ini, saya bersama FT melakukan pengawasan baik kondisi fisik ataupun adminitrasi, ini bertujuan untuk mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan dari TPK. Termasuk kondisin fisik, jika kurang bagus ya kita sarankan untuk memperbaikinya,” jelas Kasi Pembangunan di Kecamatan Kapongan tersebut.

Dari sinilah, tambahnya, TPK akan mengetahui dimana letak kekurangan yang harus diperbaiki. “Karena program mengharapkan yang terbaik untuk semuanya termasuk pemanfaatan untuk warga sekitar,” harapnya.

Dari sinilah, tambahnya, TPK akan mengetahui dimana letak kekurangan yang harus diperbaiki. “Karena program mengharapkan yang terbaik untuk semuanya termasuk pemanfaatan untuk warga sekitar,” harapnya.

Disampinga itu, FT Kecamatan Kapongan, Widiyanto saat dikonfirmasi di lapngan mengungkapkan, pihaknya akan terus berupanya mengawal dan mengawasi pekerjaan TPK baik pekerjaan fisik ataupun non fisik. “Kalau pekerjaan fisik jelasnya TPK sudah pengalaman, apalagi seperti TPK Kesambirampak yang sudah lama menjadi TPK, jelas tahu apa yang terbaik untuk dilakukan,” papar Widiyanto.

Untuk urusan administrasi, lebih lanjut Widi mengungkapkan, TPK harus selalu melakukan koordinasi kepada semua pelaku yang mempunyai kompeten dalam program PNPM. Nantinya akan lebih cepat melakukan pengadminitrasian pekerjaan. “Kalu memang tidak tau tanya aja, karena itu lebih baik,” katanya.

Disisi lain, KPMD Perempuan Desa Kesambirampak saat di mintai keterangan terkait kunjungan PjOK dan FT ke lokasi program jalan conblok mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas monitoring yang dilakukan tim dari kecamatan. Meskipun pekerjaan proyek di Desa Kesambirampak baru dimulai tiba-tiba ada monitoring dari kecamatan “Ini merupakan penghargaan yang harus kita syukuri, dari sinilah kita lebih tahu apa yang harus kami lakukan tim di desa kedepan yang lebih baik,” kata Muzaiyana.

06 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi terciptanya rasa sosial kemasyarakatan

Top