Proses pemilihan Tim Pengelola Kegiatan (TPK)

Untuk mendapatkan anggota TPK yang memenuhi kriteria, berikut acuan pemilihannya :1.  Sebelum pelaksanaan musyawarah desa sosialisasi,
  • memastikan informasi kebutuhan TPK telah tersebar di masyarakat baik melalui papan informasi maupun media informasi lainnya. Informasi yang diumumkan menerangkan bahwa pemilihan pengurus TPK dilakukan pada musyawarah desa Sosialisasi.
  • melakukan identifikasi kebutuhan TPK dengan menampung nama-nama calon TPK dari setiap desa.
2.  pada saat pelaksanaan Musyawarah Desa sosialisasi,
  • menjelaskan peran, tugas tanggung jawab dan kriteria TPK
  • menuliskan daftar nama calon TPK hasil identifikasi
  • memfasilitasi peserta musyawarah desa untuk membahas calon-calon TPK yang sudah ada, apakah akan ditambah atau dikurangi berdasarkan kriteria yang ada. Calon-calon hasil pembahasan ini selanjutnya diminta maju ke depan untuk menunjukkan komitmen dan kesanggupan menjalankan tugas-tugasnya, sebelum ditetapkan sebagai calon TPK yang akan dipilih langsung oleh peserta musyawarah desa.
  • memfasilitasi proses pemilihan TPK secara tertutup, dimana setiap peserta musyawarah desa  memilih satu nama calon untuk jabatan ketua. Selanjutnya dilakukan perhitungan suara. Nama calon yang mendapatkan suara terbanyak  ditetapkan sebagai ketua TPK. Proses ini diulangi kembali untuk memilih sekretaris dan bendahara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi terciptanya rasa sosial kemasyarakatan

Top