Loading...

Dibalik Sosok Fasilitator Teknik Kapongan

Kapongan – Tahun 2010 lalu, Program Nasional Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan)  mulai masuk ke Kecamatan Kapongan yang sempat vakum mulai tahun 2006 silam. Dalam program inilah diharapkan dapat menjawab permaslahan kemiskinan yang ada. Terbukti, sejak itu semua pembangunan yang menjadi prioritas masyarakat terdanai program PNPM Mandiri Perdesaan.

Keberhasilan program tidak lepas dari seorang fasilitator yang ada di kecamatan. Seperti pembangunan sarana prasarana (sarpras, red) misalnya, puluhan pembangunan sarpras yang diusulkan masyarakat mulai ter’cover’ oleh program kemiskinan ini dan semuanya terfasilitasi dengan mapan pula oleh Fasilitator Teknik (FT) Widiyanto ST.

Bahkan, pria beranak satu ini selalu membantu TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dalam hal teknik dilapangan, terlebih adanya kendala-kendala yang terjadi di lokassi kegiatan. “Lah, kan ini kerjaan saya mas, seorang fasilitator harus bisa memfasilitasi kegiatan program secara maksimal. Apalagi seperti FT yang selalu terjun ke lapangan untuk membantu TPK dalam hal teknik,” aku Widi.

Terbukti, sedikitnya 23 pembangunan sarana dan prasarana tersebar di 10 desa di Kecamatan Kapongan. Mulai dari pembangunan gedung sampai saluran irigasi yang menjadi kebutuhan masyarakat miskin ditingkat bawah. “Mulai tahun 2010 sampai tahun 2012 ini, ada 23 usulan sarpras (sarana prasarana, red) yang didanai oleh PNPM Mandiri perdesaan dari ratusan usulan prioritas di masing-masing desa,” jelas Widiyanto ST.

Lebih lanjut, Widi memaparkan, pembangunan sarpras yang mendominasi kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Kapongan.  Ini menunjukkan kebutuhan masyarakat di bidang sarpras lebih tinggi dari bidang lainnya. “Karena masyarakat beranggapan pembangunan itu ya fisik (sarpras, red),” katanya.

Widiyanto mengharapkan, dengan adanya PNPM Mandiri Perdesaan yang masuk ke Kecamatan Kapongan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai hal. Sebab, PNPM Perdesaan inilah menginginkan pemberdayaan yang hakiki menuju masyarakat yang madani seutuhnya. “Pemberdayaan masyarakat sudah mulai tampak di Kecamatan Kapongan.  SDM pelaku terasah dengan masuknya PNPM Mandiri Perdesaan,” papar Widi kepada tim media RBM.

Onk (KPMD Kesambirampak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi terciptanya rasa sosial kemasyarakatan

Top